Sabtu, 01 Februari 2014

UPAYA SMP N 1 KARANGLEWAS MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

SEKOLAH ADIWIYATA
Untuk dapat meraih predikat Sekolah adiwiyata tidaklah mudah, untuk itu berbafai upaya dilakukan, antara lain sebagai berikut:

1. Pembiasaan Budaya Hidup Bersih
Kegiatan menyapu dan mengepel di dalam maupun di luar kelas merupakan pembiasaan budaya hidup bersih dan peduli lingkungan yang telah dilaksanakan mulai tahun 2009. Sepatu dilepas di dalam sekolah dan diletakkan pada rak sepatu yang tersedia pada masing-masing kelas merupakan upaya menjaga kebersihan lantai kelas karena hampir 50% siswa untuk menuju ke sekolah dengan berjalan kaki dari rumah masing-masing dimana saaat musim hujan sepatu mereka tampak sarat dengan tanah (belok)

2. Pembuatan Green House
    Manfaat dari green houase antara lain sebagai berikut;
    1. Pengaturan jadwal produksi
   
2. Meningkatkan hasil produksi 
    3. Meningkatkan kualitas produksi

    4. Meminimalisasi peptisida
    5. Aset dan performance 
    6. Sarana agrowisata
    untuk lebih lengkapnya baca di    http://mskediri.com/i/2013/02/apa-manfaat-green-house/
     Sedangkan green house yang ada di SMP N 1 Karanglewas sedang dalam proses pembuatan, nampak dalam gambar sebagai berikut:

                                              










3. Pembuatan Benih Tanaman Satyuran



4. Pemanfaatan Lahan kosong
    Luas Tanah SMP Negeri 1 Karanglewas kurang lebih 1500m2, dan masih banyak lahan kosong yang perlu dibenahi dan ditanami dengan tanaman yang bermanfaat bagi siswa maupun bagi lingkungan SMP Negeri 1 Karanglewas. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memanfaatkan lahan kosong adalah dengan menanam tanaman baik berupa tanaman obat keluarga (Toga) maupun sayuran, buah, maupun tanaman langka/ Alkhamdulillah SMP negeri 1 Karanglewas telah menerima 30 buah tanaman langka dari Dinas BLH Kabupaten Banyumas.  Berikut merupakan kegiatan penanaman yang dilakukan oleh siswa pada kegiatan ekstrakurikuler PLH.








 



 


   


4. Kegiatan Jumat Bersih
    Kegiatan Jumat bersih di SMP Negeri 1 Karanglkewas telah menjadi budaya selama   bertahun-tahun dan terjadwal secara rutin. Yaitu setiap hari Jumat dimulai jam 07.00 sampai dengan jam 07.30. Dibimbing oleh para wali kelas anak-anak riang gembira melakukan kegiatan Jumat bersih. Seluruh siswa sudah sadar dengan lingkungan belajar yang besih maka proses pembelajaran dapat berlangsung dengan nyaman. Lingkungan bersih juga merupakan pemandangan yang sedap dipandang mata.

 
 



5. Kegiatan Ekstra Kurikuler PLH
Setia hari sabtu setelah pelajaran berakhir di SMP Negeri 1 Karanglewas dilakukan kegiatan PLH  berupa kegiatan ekstra kurikuler Adiwiyata yang dibimbing oleh wali kelas, Materi PLH disesuaikan dengan kebutuhan dan masalah aktual yang ada di kehidupan sehari-hari. Salah satu kegiatan PLH di hari sabtu yaitu kebersihan dan menyiangi rumput di kebun sekolah, nampak dalam gambar berikut :










6. Kegiatan 3R
    ...................................................................................... bersambung


















1 komentar: