|
Salah satu upaya SMP Negri 1 Karanglewas mewujudkan sekolahAdiwiyata sebelum dilakukan penilaian pada bulan Februari ini adalah mengajukan permohonan pembinaan dari Pembina Adiwiyata Sekolah Kabupaten Banyumas, yaitu beliau Drs. Ari Wibowo,MM. Sebagian rangkuman yang dapat kami catata adalah sebagai berikut.
.
Tujuan Sekolah Adiwiyata
|
|
|
|
|
|
Mewujudkan
warga yg bertanggung jawab dlm upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan
hidup mel tata kelola sekl yg baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
|
|
|
|
|
|
|
|
| KOMPONEN
ADIWIYATA |
|
|
1.Kebijakan berwawasan lingkungan
2.Pelaksanaan kurikulum berbasis
lingkungan
3.Kegiatan lingkungan berbasis
partisipatif
4.Pengelolaan sarana pendukung
ramah lingkungan
Komp
1 dan 2 kewenangan dan kebijak Kemendikbud
Komp
3 dan 4 kewenangan dan kebijak Kem LH
|
|
|
|
| MANFAAT
MENGIKUTI PROGRAM ADIWIYATA |
|
|
•1.Mendukung perc pencapaian 8 SNP
•2.Meningkatkan efisiensi dana dan sumber daya
•3.Menciptakan kebersamaan warga
sekl dl pembljaran
•4.Tempat pembelj nilai nilai pemelh
dan pengel LH yg baik dan benar bagi warga sek dan sekitar
•5.Meningkatkan upaya perlindungan
dan pengelolaan LH mel pengendalian pencemaran/kerusakan dan pelestarian fungsi
lingk sek
|
|
|
|
| TUGAS TIM ADIWIYATA SEKOLAH |
|
|
|
|
1. Mengkaji lingk hidup seklh,
kebijakan sekolah, kurikulum sekl, kegiatan sekl, dan sar pras
2. Membuat rencana kerja dan
mengalokasikan anggaran disesuaikan komponen, standar dan impl adiwiyata
3. Melaksanakan rencana kerja sekl
4. Melakukan pemantauan dan evaluasi
5. Menyampaikan laporan kpd Kep Sek
dgn tembusan BLH Kab Banyumas
|
|
|
|
|
|
Calon
Adiwiyata tk Prov dan tk Nas th 2013 |
|
1. SMA N Ajibarang
2. SMAN Sokaraja
3. SMAN Jatilawang
4. SMAN 2 Pwt
5. SMKN 1 Purwokerto
6. SMP 1 Karang lewas
7. SMP 9 Purwokerto
8. SMPN 2 Cilongok
9. SMPN 1 Pekuncen
10. SMAN Banyumas
11. SMPN 2 Baturaden
|
|
|
LANGKAH
MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA |
|
|
|
|
Membentuk Tim Adiwiyata sekolah
- Tim inti: Koordinator, Sekretaris ,
Bendahara
- Tim Teknis : Kelompok kerja bidang
kebijakan, bidang kurikulum, bidang kegiatan partisipatif, bidang sara pras
. Menysun kajian lingkungan
. Penyusunan rencana aksi lingkungan
. Pelaksanaan aksi lingkungan
. Evaluasi dan monitoring
|
|
|
|
|
2.
|
Pengkajian Kondisi Lingkungan sekolah
|
|
Mengapa perlu dilakukan ?
|
|
a.
|
Untuk memahami kondisi nyata lingkungan sekolah (air, energi,
keanekaragaman hayati, makanan dan kantin sekolah, dan sampah)
|
|
|
|
b.
|
menginformasikan Rencana Aksi apa yang akan dilakukan sekolah
|
|
c.
|
membantu sekolah untuk menentukan perubahan apa yang diperlukan,
mendesak, atau tidak dibutuhkan sama sekali
|
|
|
|
d
.
|
membantu menetapkan sasaran yang realistis serta mengukur keberhasilan
yang dicapai.
|
|
Bagaimana melakukan Kajian Lingkungan ?
|
|
a.
|
Tim harus memastikan bahwa seluruh anggota tim bekerja sama sebaik
mungkin untuk melaksanakan kajian (Hal yang penting adalah sebanyak mungkin
siswa berpartisipasi dalam proses ini
|
|
|
|
b.
|
Kajian lingkungan yang dilakukan oleh tim sekolah dengan menggunakan
instrumen checklist mencakup berbagai isu lingkungan sekolah, seperti
(Sampah, Air, Energi, Makanan dan kantin sekolah, Keanekaragaman Hayati
|
|
|
|
c.
|
Checklist berisi serangkaian jawaban ”ya atau tidak”.
|
|
d.
|
Di dalam checklist terdapat kolom untuk menuliskan komentar yang kemudian
dapat digunakan untuk menambah informasi dalam penyusunan Rencana Aksi
Sekolah duli dan berbudaya lingkungan.
|
|
|
|
|
|
| |
| |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar