Minggu, 09 Februari 2014

KEGIATAN IHT MENUJU SEKOLAH ADIWIYATA

IHT Bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas 
Menuju Sekolah Adiwiyata 
Tujuan Program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Kegiatan utama Program Adiwiyata adalah mewujudkan kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.    (http://blhd.tanjabbarkab.go.id)


Salah satu upaya yang dilakukan untuk memahami tentang apa Adiwiyata, strategi atau upaya yang harus dilakukan untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata adalah melalui In House Training di SMP Negeri 1 Karanglewas.
In House Training adalah Model program pelatihan / training yang diselenggarakan oleh suatu Lembaga /organisasi dalam lingkungan kerjanya sendiri , peralatan sendiri, peserta dari Kalangan tersendiri ( Dewan guru ) dengan   mendatangkan Trainer/Tutor sendiri. Materi Pelatihan dipilih oleh lembaga /organisasi berdasarkan kebutuhan saat ini  untuk mendukung  program program yg sedang dilakukan juga untuk memenuhi  kualifikasi /  persyaratan  minimal pendidikan Kopetensi berkelanjutan. In House training sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas SDM untuk memaksimalkan kemampuan dan potensi yang mereka miliki  sehingga  mampu mendukung visi dan misi lembaga. (http://miraudlatululum.wordpress.com/in-house-training)
Target In House Training
  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang bekerja atau didayagunakan oleh instansi terkait. Hal ini diharapkan dapat mendukung target organisasi dalam upaya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Bekerja sesuai Misi dan Visi organisasi.
  2. Menciptakan interaksi antara peserta.  In House Training Bertujuan  agar peserta dapat bertukar informasi sehingga  dapat mendiskusikan solusi Paling  efektif untuk menemukan  standarisasi kinerja yang paling efektif. Pertukaran Informasi berkisan pada Mana yang paling bagus, mana yang paling efektif dan mana yang terbaik untuk   dibuat standar kerja  sehingga Program program kegiatan yang sedang  dilakuan  bisa menjadi lebih baik.
  3. Mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara peserta. Mengembangkan Empati solidaritas dan rasa kebersamaan antara Peserta
  4. Meningkatkan motivasi dan budaya belajar yang berkesinambungan. Peserta akan lebih termotivasi bila eksplorasi Terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan yang berkaitan dengan peningkatan efektifitas kerja dilakukan Bersama sama untuk mendapatkan  kemungkinan solusi terbaik.



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas berkenan memberikan motivasi dengan terapi airnya


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar